SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PT. LG
ELECTRONIC INDONESIA DALAM MENGENDALIKAN INVENTORI
PT LG Electronic
Indonesia didirikan pada tahun 1958 yang merupakan perusahaan inovator dalam
bidang teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile, dan home appliances.
Perusahaan ini sudah mempekerjakan 84.000 orang karyawan yang bekerja di 112
operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. PT. LG Electronic
memiliki 5 unit bisnis antara lain Home Entertainment, Mobile Communication, Home
Appliance, Penyejuk Udara dan Business Solution. Produk-produk yang dihasilkan
oleh TP.LG Electronic Indonesia adalah Panel Datar TV, Audio dan Video, Mobile
Handset, AC, dan Mesin Cuci.
Untuk terus
mengembangkan produk-produk tersebut dalam pemasaran tentunya diperlukan
manajemen yang bagus dan berkualitas. Dan dengan banyaknya unit serta
anak/cabang perusahaan tentunya PT. LG Electronic Indonesia memerlukan
suatu sistem yang dapat mengontrol dan memonitoring informasi-informasi yang
terjadi pada setiap anak perusahaannya baik mengenai keuangan, stock barang,
proses pengiriman, penjadwalan, laba/rugi, dll. Awalnya PT.LG Electronic
Indonesia memiliki sebuah portal yang bisa diakses oleh karyawannya di seluruh
Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG ELEctronic Enterprise Portal (LGEP).
Bagi karyawan yang sudah memilik akses resmi dan ingin mengetahui
informasi-informasi mengenai data-data perusahaan dapat log in menggunakan
sebauah email kedalam portal tersebut. Namun sayangnya portal ini hanya bisa
diakses di wilayah perusahaan saja. Dengan kondisi yang seperti ini menyulitkan
perusahaan maupun karyawan untuk bekerja secara efektif. Maka dibuatlah suatu
sistem yang bernama Global Digital Logistic System(GDLS) yang dapat
mengendalaikan inventori perusahaan. Sistem tersebut adalah sistem informasi
manajemen (SIM) yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk menentukan
perhitungan harga pokok, memberikan informasi tentang perencanaan tujuan dari
suatu bisnis, mengendalikan rencana-rencana yang sudah disusun, dan juga
memberikan informasi yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan dalam
menentukan pilihan suatu bisnis atau yang lainnya.
Di dalam sistem
informasi manajemen PT.LG Electronic Indonesia ini memiliki subsistem-subsistem
untuk mendukung sistem informasi manajemen (SIM) yang ada, antara lain :
1.
Subsistem
Delivery
Susbsistem ini berfungsi untuk :
a.
Pembuatan
jadwal pengiriman barang
b.
Konfirmasi
pengiriman barang
c.
Mengalokasikan
truk yang akan digunakan untuk pengiriman barang
d.
Mengetahui
status pengiriman barang
e.
Mengetahui
apakah ada keterlambatan atau tertudanya pengiriman barang
2.
Subsistem
Cost
Subsistem ini berfungsi untuk :
a.
Memanage
factor-faktor pengiriman (biaya, kondisi barang, wilayah tujuan, tarif)
b.
Mengetahui
apakan terjadi kesalahan dalam pengiriman barang
3.
Subsistem
Stock
Subsistem ini berfungsi untuk :
a.
Mengetahui
status pengiriman barang
b.
Perhitungan
fisik persediaan barang di gudang
c.
Status
persediaan barang
4.
Subsistem
Return
Subsistem ini berfungsi untuk mengetahui
ada atau tidak barang yang dikembalikan karena tidak laku dijual atau
rusak/cacat.
Subsistem-subsistem
tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah pengecekan informasi yang terkait
dengan masing-masing produksi dan juga untuk meminimalisir kesalahan dalam
perekapan karena setiap produksi sudah ada subsistem yang bertanggugjawab.
Dampak yang
terjadi dari adanya sistem informasi manajemen yang sudah dibuat pada
perusahaan PT.LG Electronic Indonesia adalah dapat dengan mudah mengetahui
kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun di cabang.
Apabila terjadi kesalahan mengenahi inventori maka bisa langung ditangani oleh
pegawai yang berwenang dan bersangkutan tanpa harus melibatkan semua pihak,
disini dimaksudkan juga untuk efisiensi waktu, efektifitas biaya dan kineja
perusahaan.
Source : http://www.wisnudewobroto.com/sistem-informasi-manajemen-pt-lg-electronic-indonesia-dalam-mengendalikan-inventori
0 komentar:
Posting Komentar