Manajemen Proyek pada Area Cost Management


Bab I

Pendahuluan


1.1                        Latar Belakang

Proyek merupakan aktifitas yang membuat sebuah organisasi terlihat hidup. Pembangunan sebuah proyek diperlukan kerjasama tim dan manajemen pengelolaan pembangunan yang baik. Dalam sebuah organisasi tentunya memiliki beberapa proyek yang dikerjakan untuk mendukung tujuan organisasinya. Proyek yang dimiliki sebuah organisasi memiliki lingkup masing-masing, ada yang tergolong sederhana dan ada yang termasuk proyek besar. Masing-masing proyek tersebut juga memiliki penangangan manajemen pengelolaan yang berbeda tergantung cakupan proyeknya.
Pembangunan sebuah proyek saat ini sudah semakin canggih. Dukungan teknologi informasi menjadi salah satu bagian di dalamnya. Komponen-komponen yang terlibat adalah sumber daya yang berbentuk manusia, material dan dana yang jumlahnya semakin besar. Tuntutan kompetisi antar organisasi yang semakin ketat, membuat organisasi harus pintar dalam pengelolaan dan pemilihan metode yang paling baik untuk menyikapnya, yaitu dengan cara manajemen proyek.
Kebutuhan manajemen proyek sangat diperlukan karena digunakan untuk mendorong mencari pendekatan pengelolaan yang sesuai dengan tuntutan dan sifat kegiatan proyek, suatu kegiatan yang dinamis dan berbeda dengan kegiatan operasional rutin. Manajemen proyek ini memiliki 9 knowledge area dalam project management framework untuk mempermudah pengelolaan proses manajemen. 9 area tersebut yaitu scope management, time management, cost management, quality management, human resource management, communication management, risk management, procurement management dan integration management.
Elemen pada area project management framework yang menjadi salah satu unsur terpenting adalah cost management, karena biaya termasuk bagian pengukur keberhasilan sebuah proyek.
Saat ini banyak proyek TI yang tidak pernah dimulai karena banyak professional yang tidak mengerti pentingnya prinsip akuntansi dan keuangan dasar. Dan ada juga sebuah proyek yang dikerjakan namun tidak kunjung selesai karena masalah manajemen biaya. Oleh karena manajemen biaya yang baik sangatlah diperlukan oleh seorang manager proyek.

1.2Rumusan Masalah

Bagaimana pengelolaan biaya untuk suatu proyek pada sebuah organisasi berdasarkan Project Management Framework.

1.3Tujuan

Untuk mengelola biaya untuk suatu proyek pada sebuah organisasi berdasarkan Project Management Framework

1.4Batasan Masalah

Batasan masalah yang diterapkan guna mengarahkan hasil akhir yang akan dicapai dalam makalah ini adalah memaparkan menajemen biaya proyek (cost management) pada sebuah organisasi.

1.5Manfaat

Manfaat yang diperoleh dengan adanya cost management pada pengerjaan proyek, diantaranya :
1.      Dapat mengestimasi atau memperkirakan biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek pada organisasi.
2.      Dapat mengalokasikan estimasi biaya keselurhan untuk item pekerjaan individu untuk menetapkan data dasar untuk mengukur kinerja (budgeting).
Dapat mengendalikan perubahan anggaran sebuah proyek.

download file lengkapnya disini :
file ppt
file pdf




1 komentar: