1.
Definisi Portofolio
“Portofolio
adalah koleksi dari kumpulan kelompok pelanggan yang erdiri dari basis seluruh
pelanggan di dalam bisnis”
2.
Defisini Pelanggan
“Pelanggan
adalah orang yang menggunakan atau membutuhkan jasa dari perusahaan atau kita
sebagai pelaku usaha”
Dan …
“Pelanngan
adalah seorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khhusunya produsen
dalam bidang usaha”
3.
Jenis Pelanggan
·
Pelanggan
Eksternal
Adalah
orang di luar industri yang menerima suatu produk (end user). Termasuk pelanggan eksternal adalah masyarakat umu yang
menerima produk industry.
·
Pelanggan
Internal
Adalah
orang yang melakukan prises selanjutnya daru suatu oekerjaan (next process). Termasuk pelanggan
internal adalah seluruh karyawan dari suatu industri..
4.
Manajemen Portofolio Pelanggan (CPM)
·
Portofolio
pelanggan terdiri dari berbagai kelompok yang membentuk pelanggan menjadi basis
bisnis.
·
Tujuan CPM adalah
mengoptimasi performa bisnis perusahaan seperti pertumbuhan penjualan,
peningkatan keuntungan dari konsumen, dll serta mengelola sumber daya
perusahaan yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan menggunakan
portofolio pelanggan .
·
Perangkat atau
metode analisi portofolio pelanggan yaitu
SWOT dan PESTE
·
Hal utama dalam
pembuatan portofolio pelanggan yaitu segmentasi pasar, peramalan penjualan,
aktivitas berdasarkan harga, Estimasi Nilai Hidup (LTV), dan datamining.
5.
Contoh Hasil CPM Tools
·
Studi Kasus :
AdvantureWorks2012
·
Tools : Visual
Studio 2012, SQL Server 2012
·
Analisa
pelanggan : Mencari reseller yang sering memberikan diskon besar ke perusahaan.
Hasil analisa tersebut diperoleh dari :
o reseller yang
memberi diskon terbanyak
o reseller di
country mana
o
class produk tersebut untuk model produk apa
·
Kesimpulannya
didapat nama reseller dari United States,
dengan Product Model Mountain-100 pada Class Product High, yaitu reseller Golf and Cycle Store.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar