1.
Defini Manajemen Hubungan Pelanggan
Ada beberapa penbertian dari manajemen hubungan
pelanggan (CRM) menurut beberapa sumber yang didapat, antara lain :
·
Manajemen
Hubungan Pelanggan atau Customer
Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem informasi yang
terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan , menjadwalkan, dan
mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah
organisasi. [1]
·
CRM adalah usaha
untuk menyediakan jembatan strategis antara teknologi informasi dan strategi
pemasaran yang bertujuan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan
pelanggan serta profitabilitas. [3]
·
CRM adalah suatu
jenis menajemen yang secara khusus membahasa teori mengenai penanganan hubungan
antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan bilai
perusahaan dimata pelangganya.[2]
·
CRM adalah suatu
proses untuk mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan yang
menguntungkan. [2]
·
CRM
beruhubuangan dengan data-data transaksional yang disajikand dalam bentuk data
mining/data warehouse dan report.
2.
Fungsi-Fungsi Manajemen Hubungan Pelanggan
Beberapa fungsi CRM yang harus dijalankan sebuah
sistem, antara lain : [1]
·
Mengidentufikasi
factor-faktor yang penting bagi pelanggan
·
Mengusung falsafah
customer-oriented
·
Mengadopso pengukuran
berdasrkan sudut pandang pelanggan
·
Membangun proses
ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
·
Menyediakan dukungan
pelanggan yang sempurna
·
Menangani keluhan/complain
pelanggan
·
Mencatat dan
mengikuti semua aspek dalam penjualan
·
Membuat informasi
holistic tentang informasi layanan dan penjualan pelanggan.
3.
Tipe-Tipe Manajemen Hubungan Pelanggan
Ada 6 tipe manajemen hubungan pelanggan , antara
lain : [4]
·
Operational CRM
ü Operational CRM mendukung proses bisni dari “Front Office”, contohnya bagian pemasaran dan staff pelayanan
ü Interaksi dengan pelanggan secara umum disimpan
dalam catatan kontak pelanggan, dan staff dapat mengambil informasi mengenai
pelanggan jika diperlukan.
ü Ada beberapa data yang diproses pada Operational CRM, yaitu :
§ Mengelola iklan
§ Otomasi pemasaran perusahaan
§ Otomasi tugas pemasaran
§ Sistem manajemen pemasaran
·
Analytical CRM
ü Analytical CRM menganalisis data pelanggan untuk berbagai
keperluan, yaitu : [4]
§ Merancang dan menjalankan iklan pemasaran yang
ditargetkan.
§ Merancang dan menjalankan iklan, contohnya akuisis
pelanggan, cross-selling , up-selling
§ Menganalisa perilaku pelanggan dalam rangka untuk
membuat keputusan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan (contohnya,
penetapan harga, pengembangan produk)
§ Sistem informasi manajemen (contohnya, perencanaan
keunagan dan pelanggan yang memberikan
keuntungan)
ü Analytical CRM secara umum membuat pengguanaan data mining dan teknik
lainnya untuk mengeluarkan hasil yang berguna untuk pengambilan keputusan.
·
Sales Intelligence CRM
ü Sales
Intelligence CRM adalah alat
penjualan secara langsung
ü Fitur-fiturnya termasuk memberikan peringatan kepada
staff penjualan yang berkenaan dengan :
§ Cross-selling/up-selling/switch-selling
opportunities
§ Customer drift
§ Sales performance
§ Customer trends
§ Customer margins
§ Customer alignment
·
Campaign Management
ü Campaign
management mengkombinasikan
elemen-elemen dari Opertaional dan Analitycal
CRM.
ü Fungsi dari campaign
management antara lain :
§ Pembentuka grup target berdasarkan kriteria
pemilihan klien
§ Mengirimkan materi yang berhubungan dengan iklan
(contohnya pada penawaran khusus) untuk penerimaan yang dipilih menggunakan
kanal-kanal yang bervariasi (contohnya email, telepon, sms , pos)
§ Penjjejalan, penyimpanan dan menganalissis statistic
iklan, termasuk penjejakan response dan mengalisis tren
·
Collaborative CRM
ü Collaborative CRM
meliputi aspek-aspek perjanjian perusahaan
dengan pelanggan yang ditangani oleh beberapa departemen dalam perusahaan ,
seperti penjualan, technical support dan pemasaran.
ü Tujuan utama dari tipe ini adalah penggunaan
informasi kolektif oleh semua departemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan
yang diberikan oleh perusahaan.
·
Consumer Relationship CRM
ü Cunsomer
Relationship CRM meliputi aspek –
aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh pusat kontak customer affair dan customer relations dalam sebuah perusahaan.
4.
Model Manajemen Hubungan Pelanggan
·
The QC Model
·
CRM Value Chain
·
The Gartner
Competency Model
Referensi
|
Referensi lainnya : pengertian customer relationship management...!!!
BalasHapusArtikelnya sangat lengkap dan mudah difahami,
BalasHapusTerima kasih sudah berbagi..
Jual Skype For Business
Jual Microsoft Dynamics CRM Online
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan
How Lemeridian funding service grant me a loan!!!
BalasHapusHello everyone, I'm Lea Paige Matteo from Zurich Switzerland and want to use this medium to express gratitude to lemeridian funding service for fulfilling his promise by granting me a loan, I was stuck in a financial situation and needed to refinance and pay my bills as well as start up a Business. I tried seeking for loans from various loan firms both private and corporate organisations but never succeeded and most banks declined my credit request. But as God would have it, I was introduced by a friend named Lisa Rice to Le_meridian funding service and undergone the due process of obtaining a loan from the company, to my greatest surprise within 48hrs just like my friend Lisa, I was also granted a loan of $216,000.00 So my advise to everyone who desires a loan, "if you must contact any firm with reference to securing a loan online with low interest rate of 1.9% and better repayment plans/schedule, please contact Le_meridian funding service. Besides, he doesn't know that am doing this but due to the joy in me, I'm so happy and wish to let people know more about this great company whom truly give out loans, it is my prayer that GOD should bless them more as they put smiles on peoples faces. You can contact them via email on {lfdsloans@lemeridianfds.com Or lfdsloans@outlook.com} or Text through Whatsapp +1-989 394 3740.
aku suka banget dengan penjelasannya kak
BalasHapuskomatsu pc300